Sejarah Prodi Bahasa dan Sastra Arab

Perkembangan zaman yang sedemikian cepat menuntut sumber daya manusia (SDM) untuk tanggap dan responsif terhadap segala perubahan yang terjadi. Jarak dan waktu yang serba efisien dan efektif memaksa setiap individu untuk bergerak cepat, berpikir kritis dan berwawasan luas dalam menjawab dampak perubahan.

IAIN Tulungagung sebagai kampus Islam negeri terdepan di wilayah selatan Jawa Timur berupaya merespon perkembangan dan perubahan zaman tersebut dengan mendirikan program studi (prodi) bermuatan (content) global, yakni Bahasa dan Sastra Arab (BSA). Prodi BSA berdiri pada 2 Maret 2015 berdasarkan SK Dirjen Diktis di bawah naungan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD). Prodi BSA adalah satu dari prodi-prodi unggulan di lingkungan FUAD yang memiliki:

Visi:

Terwujudnya Program Studi yang menghasilkan Sarjana Bahasa dan Sastra Arab yang berwawasan luas, transformatif, humanis dan kritis dalam Pengkajian Sastra Arab Kontemporer serta unggul dalam Penelitian Ketimurtengahan pada tahun 2022

Misi:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan jenjang sarjana yang komprehensif, inovatif, kreatif dan progresif dalam kajian bahasa, sastra, dan ketimurtengahan.
  2. Menyelenggarakan penelitian secara berkelanjutan sebagai upaya pengembangan keilmuan di bidang bahasa, sastra, dan ketimurtengahan.
  3. Melaksanakan pengabdian dan pembinaan pada masyarakat secara efektif, profesional, kontributif pada kesejahteraan dan kemajuan.
  4. Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama secara baik dan berkelanjutan dengan lembaga-lembaga yang relevan, baik di dalam maupun luar negeri.

Profil Lulusan:

  1. Profil Utama

Lulusan Program Studi Bahasa dan Sastra Arab adalah menjadi Pengkaji Sastra Arab Kontemporer dan Ketimurtengahan.

  • Profil Tambahan

Profil tambahan lulusan Bahasa dan Sastra Arab menjadi Pendidik Bahasa Arab, Enterpreneurship (Pelaku Usaha) dan Jurnalis.